Senin, 22 Juni 2020

Tantangan Menulis Spontan

Menulis Spontan Bersama Bapak Agus Sampurno



3 Manfaat dari Kegiatan di Group Belajar Menulis
Oleh Arnita Budi Siswanti


Pada masa pandemi covid-19, banyak waktu luang yang dapat diisi dengan kegiatan yang bersifat positif terutama bagi guru untuk meningkatkan keterampilan menulis. Salah satu kegiatan positif yang dapat diikuti adalah kegiatan group belajar menulis yang ada di whatsapp group yang dikomandani oleh OmJay. Banyak manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan yang sangat positif ini, antara lain:

-        Berani Menuangkan ide dan tidak takut salah
Apabila ingin menuangkan ide ke dalam tulisan, hal yang biasanya ditakuti atau membuat penulis pemula merasa resah adalah rasa takut salah apabila tulisan yang dibuat jelek atau akan dicemooh oleh pembaca. Ini merupakan hal yang wajar dialami oleh kebanyakan penulis pemula. Untuk mengatasi masalah ini, sebagai penulis pemula harus berani menuangkan ide ke dalam tulisan dan tidak perlu takut salah. Seiring dengan berjalannya waktu, tulisan akan semakin bagus dan enak dibaca.

-        Belajar membuat resume sesuai dengan gaya tulisan sendiri
Membuat resume pada awalnya bagi penulis pemula mungkin membingungkan, apakah resume itu diambil dari tulisan yang disampaikan oleh nara sumber ataukah dibuat dengan bahasa sendiri yang merupakan kesimpulan secara garis besar apa yang sudah disampaikan oleh nara sumber. Untuk menjawab rasa penasaran, sebagai penulis pemula dapat melakukan blog walking atau mengunjungi blog orang lain yang sudah berpengalaman membuat blog yang dapat digunakan sebagai referensi.

-        Menambah pengalaman dan pengetahuan di bidang menulis
Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan mengikuti kegiatan di group belajar menulis adalah menambah pengalaman dan pengetahuan di bidang menulis. Bagi penulis pemula, hal ini merupakan tantangan tersendiri apabila dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh admin group. Ada kepuasan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan tugas meskipun pada awalnya tidak bisa mengerjakan on time karena terkendala kesibukan lain yang harus dilakukan secara bersamaan.

Demikianlah manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan group belajar menulis. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Mantap ..keren Ibu..yuk kiranya berkenan singgah di rumahku

    BalasHapus
  2. Berani menuangkan ide dan tidak takut salah...
    Terima kasih untuk kalimat ini bu...🙏

    BalasHapus

Menulis Buku Bersama Bu Iin

  Narasumber                : Dra. Musiin, M.Pd. Moderator                   : Bu Kanjeng Penulis Resume          : Arnita Budi Siswanti “...