Kamis, 25 Juni 2020

Cara Menulis Resume Ilmiah


Cara Menulis Resume Ilmiah

Resume Kuliah Pertemuan kedelapan


Belajar Menulis Gelombang 12
Pertemuan 8   : Rabu, 17 Juni 2020
Waktu              : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri          : Teresia Sri Rahayu,S.Pd, SD.
Topik                : Cara Menulis Resume Ilmiah
Peresume        : Dra. Arnita Budi Siswanti, M.Hum
                          (arnita.znt@gmail.com)


Rabu, tanggal 17 Juni 2020 merupakan pertemuan ke-delapan, kelas belajar menulis online gelombang 12 bersama Om Jay. Om Jay mengawali pertemuan dengan memperkenalkan profil salah seorang pemateri muda, cantik dengan segudang prestasi yang luar biasa dan sangat inspiratif. Beliau adalah Ibu Teresia Sri Rahayu,S.Pd, SD., seorang  narasumber yang hebat, yang memiliki hobi menulis. Dengan nama pena Cikgu tere di blog beliau.


Cikgu Tere mengawali kuliah dengan sharing pengalaman beliau ketika awal mulai menulis resume di blog. Beliau masih awam dengan kegiatan resume yang sebenarnya seperti apa.

Sekitar bulan Februari, Cikgu Tere melihat salah satu postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Saat itu beliau belum kenal dengan Om Jay dan kegiatan belajar menulis atau yang sering disebut kuliah online WAG. Beliau pun memberanikan diri bertanya kepada Om Jay tentang cara mengikuti kegiatan belajar menulis, akhirnya beliau pun bergabung di grup Belajar Menulis Gelombang 4.

Tidak lama setelah bergabung di grup, ada info bahwa malam hari akan ada materi pertama tentang “Personal Branding”. Lalu Om Jay mendata semua peserta grup Belajar Menulis Gelombang 4 yang sudah memiliki blog. Tujuannya adalah agar setelah menerima materi dari narasumber, peserta membuat resume lalu dikirimkan ke email Om Jay dan diposting di blog masing-masing. Om Jay mengatakan bahwa dengan cara ini, kita bisa menebar banyak kebaikan melalui tulisan yng kita bagikan tersebut.

Cikgu Tere masih merasa bingung ketika harus membuat resume, meskipun sudah memiliki blog. Saat itu alamat blognya masih https://cikgutere.blogspot.com. Blog ini sudah lama dibuat, namun baru diisi sekitar bulan Oktober setelah beliau termotivasi oleh seorang teman yang juga merupakan seorang blogger. Lalu Cikgu Tere mencoba mencari informasi tentang resume. Tips dan trik cara mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumnya.

Ketika awal menulis resume, Cikgu Tere coba mengimitasi gaya menulis resume dari beberapa orang, namun gaya tulisan masih kaku dan ide-ide tidak bisa mengalir dengan lancar. Setelah penyampaian materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blog walking, beliau pun mulai menemukan style sendiri dlm menulis resume. Dari situlah akhirnya Cikgu Tere merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

Ada hal yang paling membanggakan bagi blogger pemula yaitu ketika resume yang dibuat dan diposting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar yang  bagus. Saat itu, Cikgu Tere tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blog beliau, sehingga beliau bisa terus memantau trafik pengunjung blog, bahkan dapat melihat banyaknya viewer yang membaca tulisan beliau. Ini adalah contoh artikel di buat oleh Cikgu Tere dan dilihat oleh ribuan pembaca.

Sedangkan untuk resume hasil belajar menulis, jumlah viewernya bervariasi sekitar ratusan pembaca. Ini resume yg paling banyak viewernya yaitu 720 orang https://www.cikgutere.com/2020/04/semua-guru-bisa-jadi-gupres-ini-caranya.html?m=1

Selama mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, Cikgu Tere memiliki pengalaman yg unik dan menarik. Suatu saat, ketika salah satu narasumber yaitu Ibu Lilis Sutikno, guru PPKn di salah satu SMA di Kabupaten Kupang NTT, memberikan tantangan untuk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendapatkan hadiah dari beliau. Saat itu kondisi di daerah Cikgu Tere sedang mati lampu. Sehingga beliau harus berjuang untuk bisa terus menulis resume sampai selesai. Dan akhirnya resume selesai pukul 01.00 Wita. Dan beliau pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya, Ibu Lilis mengontak Cikgu Tere dan menyatakan bahwa beliau termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari Ibu Lilis. Tentu saja Cikgu Tere merasa sangat senang, karena bisa membuktikan bahwa beliau bisa menulis resume dengan cepat dan Ibu Lilis juga suka dengan resume yang ditulis oleh Cikgu Tere. Setelah mendapatkan pengalaman itu, akhirnya motivasi Cikgu Tere dalam menulis pun bertambah dengan motivasi untuk berprestasi. Memang banyak motivasi untuk menulis, tapi bagi beliau, motivasi menulis ada 2 yaitu untuk berbagi ilmu/ sharing dan untuk berprestasi.

Dari beberapa hasil resume yang dibuat oleh Cikgu Tere, ada beberapa yang mendapat hadiah atau penghargaan yaitu:

Pencapaian yang luar biasa, dari hasil kerja keras Cikgu Tere. Terakhir, Cikgu Tere juga mendapatkan penghargaan sebagai blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.

Cikgu Tere mengalami keajaiban setelah menerapkan resep mujarab berupa kalimat indah yang menginspirasi dan memotivasi dari Om Jay yaitu "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Cikgu Tere sudah merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dengan menulis resume. Keajaiban itu datang ketika beliau dan peserta yang lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah-tengah penyampaian materi, Prof. Richard menantang untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Dan Cikgu Tere termasuk satu dari sekitar 21 peserta yang melaksanakan tantangan itu. Akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari Prof. Richard dan penguatan dari Om Jay, buku karya beliau yang berkolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar", dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yang merupakan salah satu penerbit mayor. Suatu prestasi luar biasa yang membuat saya termotivasi untuk mengikuti jejak beliau. Selamat ya Cikgu Tere. Semoga kelak saya bisa menerbitkan buku di penerbit mayor, seperti Cikgu Tere. Berikut ini adalah buku Cikgu Tere yang ditulis bersama Prof. Richardus Eko Indrajit dan diterbitkan oleh penerbit Andi Yogyakarta.


Pencapaian luar biasa yang telah diraih oleh Cikgu Tere membuat beliau merasa berat karena memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dengaan pemberian penghargaan itu. Dan apa yang dikhawatirkan pun terjadi. Banyak guru-guru yang menghubungi belia secara japri melalui WA dan messenger sekedar untuk meminta tips atau saran dalam menulis. Cikgu Tere merasa malu karena ilmu dan pengalaman beliau masih sangat minim namun di sisi lain, beliau pun harus tetap berbagi dengan guru lain. Maka, beliau pun berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Oleh karena itu, pada sharing pertemuan ke delapan, Cikgu Tere berbagi kepada kami peserta diklat belajar menulis gelombang 12 bersama Om Jay, tentang trik dan tips menulis resume. Berikut ini adalah trik dan tips menulis resume ala Cikgu Tere:
1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.
2. Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be yourself.
3. Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)
4. Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk pada isi resume (biasanya Cikgu Tere menghubungkan dengan kehidupan beliau, misalnya topik “Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor”, maka beliau mengawali dengan pengantar bahwa sejak kecil suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat beliau bisa menulis buku dan bukunya dipajang di rak buku sebuah toko buku besar.
5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.
6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan sekedar karena ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sudah menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain/ blogger lain.
Selain itu, Cikgu Tere juga memberikan langkah-langkah jitu dalam membuat resume yang menarik minatpembaca. Berikut ini adalah trik dan tipsnya:
- Untuk menentukan judul resume yang wouw, dapat dibaca pada artikel di alamat:
  https://www.cikgutere.com/2020/03/lima-judul-tulisan-yang-menarik-minat.html?m=1
- Mencari referensi terkait topik
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi.
- Merancang tampilan/ visual resume dengan menambahkan gambar atau video di resume kita.
- Melakukan editing sederhana (PUEBI)
7. Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yg lain. Caranya: stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)
8. Gunakan aplikasi atau alat-alat lain yang mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di HP, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yang menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text.
9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Demikianlah resume yang saya buat kali ini, semoga bermanfaat. Masukan dan saran dari rekan-rekan sangat saya harapkan demi perbaikan tulisan ini. Terima kasih. Salam Literasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Buku Bersama Bu Iin

  Narasumber                : Dra. Musiin, M.Pd. Moderator                   : Bu Kanjeng Penulis Resume          : Arnita Budi Siswanti “...