Kamis, 18 Juni 2020

Kisah Guru Ngeblog di Wordpress


Kisah Guru Ngeblog di Wordpress

Resume Kuliah Pertemuan keenam


Belajar Menulis Gelombang 12
Pertemuan 6   : Jum’at, 12 Juni 2020
Waktu              : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri          : Bambang Purwanto, S. Kom, Gr.
Topik                : Kisah Guru Ngeblog di Wordpress
Peresume        : Dra. Arnita Budi Siswanti, M.Hum
                          (arnita.znt@gmail.com)



Jum’at, tanggal 12 Juni 2020 merupakan pertemuan ke-enam, kelas belajar menulis online di WA group gelombang 12 bersama Om Jay. Nara sumber kali ini adalah seorang blogger ternama yang sering menjadi sekretaris. Beliau dengan suka rela membagikan presensi online sebelum kuliah dimulai dan merekap presensi setelah kuliah selesai, supaya kegiatan kuliah online berjalan dengan lancar. Beliau adalah Bapak Bambang Purwanto, S. Kom, Gr., yang biasa dipanggil dengan Mr. Bams atau Ayah Salwa di dunia cerita anak-anak karena beliau seorang pendongeng cerita anak yang menyayangi anak-anak. Pak Bambang lahir di Bandung pada tanggal 4 April 1974.

Pengalaman karir Mr. Bams berawal dari tahun 1992 sampai tahun 2000 menjadi seorang konsultan, tahun berikutnya 2001 sampai 2004 bekerja di Kemfood milik Bob Sadino. Tahun 2004 sampai 2008 menjadi pendongeng keliling. Beliau menjadi konsultan pelatihan pada tahun 2004 sampai 2008, sedangkan mulai tahun 2008 hingga sekarang menjadi guru di SMP Taruna Bakti. Mulai tahun 2009, Mr Bams diminta membimbing ekskul blog memakai multiply. Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi, kemudian berpindah ke lain hati yaitu ke wordpress. Beliau memilih wordpress karena merasa berjodoh.

Mr. Bams senang dunia menulis. Sejak tahun 2003 beliau adalah seorang pendongeng juga. Sebagai seorang pendongeng, harus banyak membaca buku sebagai sumber bahan referensi untuk mendongeng. Karena kecintaannya terhadap literasi, tahun 2011, beliau membuat Taman Baca Masyarakat (TBM) AS di Lebakwangi, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah menjadi taman baca mandiri.


Peran serta dan keaktifan sebagai tokoh masyarakat yang mengelola TBM AS di Lebakwangi, telah mengantarkan Mr. Bams menerima penghargaan beberapa penghargaan yaitu: Penerima Sabilulungan Award dari Bupati Kab. Bandung bidang Penggerak Sosial dan Budaya (2018), Juara 1 Pengelola TBM Tingkat Provinsi Jawa Barat (2014), Juara 1 Pengelola TBM Tingkat Kabupaten Bandung (2014), Juara 2 Pengelola TBM Tingkat Provinsi Jawa Barat (2013), Juara 1 Pengelola TBM Tingkat Kabupaten Bandung (2013). Ketika SMP Taruna Bakti mendapatkan Juara Literasi Kategori Utama, Mr. Bams sebagai Ketua Tim Literasi mendapatkan penghargaan Penerima Anugerah Widya Pratama Kategori Penggerak Literasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung (2019). Pada tahun yang sama, Mr. Bams mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019 dan masuk 6 besar, mendapatkan penghargaan Penerima Anugerah Guru Inspiratif dari Dinas Pendidikan Jawa Barat (2019), Penerima Anugerah Guru Inspiratif dari Gubernur Jawa Barat (2019).

Tujuan Mr. Bams Membuat Blog antara lain:
1. Malu sebagai guru TIK tidak mempunyai blog
2. Malu sebagai penggiat literasi tidak mempunyai blog
3. Berbagi pengalaman
4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
5. Menghasilkan rupiah

Mr. Bams membagi tips, Apa saja isi dari blog? Isi bolg dapat berupa:
1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi
2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Mr. Bams sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA.

Menurut Mr. Bams wabah Covid-19 menuai berkah. Gara-gara Covid, beliau memberanikan diri membuka kelas blog. Inspiratornya adalah Om Jay dan Kang Encon. Mr. Bams perhatikan polanya, dan memperhatikan bagaimana mengelola kelas online di WA. Beliau belajar dengan cepat, maka lahirlah :
1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni
2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni
3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)

Apakah gratis ?
Memang belum bisa seperti Omjay, semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harga terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet, jauh.

Kesimpulan yang diberikan oleh Mr. Bams:
1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.
3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan

Banyak orang yang bisa, akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman.

Salam Bahagia
Mr.Bams
penamrbams.id


Demikianlah resume yang saya buat kali ini, semoga bermanfaat. Masukan dan saran dari rekan-rekan sangat saya harapkan demi perbaikan tulisan ini. Terima kasih. Salam Literasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Buku Bersama Bu Iin

  Narasumber                : Dra. Musiin, M.Pd. Moderator                   : Bu Kanjeng Penulis Resume          : Arnita Budi Siswanti “...