Kamis, 06 Agustus 2020

Menulis Blog di Wordpress.com

Belajar Menulis Gelombang 15

Pertemuan 2           : Rabu, 5 Agustus 2020

Waktu                     : Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Pemateri                 : Bapak Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.

Topik                      : Membangun Kebiasaan Menulis melalui Blog

Peresume               : Dra. Arnita Budi Siswanti, M.Hum

                                (arnita.znt@gmail.com)

Pertemuan malam ini dimoderatori oleh Om Jay. Dengan nara sumber Bapak Bambang Purwanto, yang biasa disapa Mr. Bams atau ayah Salwa. Mr. Bams lahir di Bandung pada tanggal 6 April 1974. Sebagai Guru tetap di SMP Taruna Bakti. No Kontak: 088809405468, 081322278305. Email pribadi: bangpurwa@gmail.com. Blog & Website: www.penamrbams.id. Instagram: @ayahnasalwa Pendidikan Akhir: STMIK AMIK BANDUNG, Jurusan Sistem Informasi. Hobi: Membaca Buku, mendongeng, berorganisasi, catur.

Mr. Bams mengawali pertemuan dengan sharing video pertama tentang menulis. Beliau berbagi pengalaman, menumbuh kembangkan minat menulis dan memanfaatkan blog sebagai sarana untuk menyimpan tulisan kita, sehingga blog bisa digunakan sebagai bahan untuk menulis buku.

Video kedua Mr. Bams berisi tentang “Bahagia Setiap Hari bersama Mr. Bams”. Setiap manusia memiliki potensi yang harus diasah supaya menjadi luar biasa. Kata atau kalimat bahagia yang kita dengar akan bermakna dan berdampak luar biasa, yang bisa menjadi kekuatan dalam menjalani hidup ini. Bahagia bisa kita ciptakan. Kalimat bahagia Mr. Bams hadir setiap hari untuk berbagi kebahagiaan yang bisa kita baca di pena Mr. Bams.

Pengalaman hidup Mr. Bams berawal dari pendongeng yang suka membaca buku dan menceritakan kepada anak-anak. Beliau sering mengumpulkan buku-buku, bahan bacaan sebagai referensi bahan mendongeng. Kebiasaan membaca merupakan salah satu pendorong kebiasaan menulis, sehingga pengalaman dalam hidup beliah dijadikan bahan tulisan.

Pada kegiatan Gerakan Literasi di SMP Taruna Bakti, Mr. Bams menjadi ketua tim literasi. Berkat kerja keras dan ketekunan beliau mengelola kegiatan literasi di SMP Taruna Bakti, maka pada tahun 2019, SMP Taruna Bakti berhasil mendapat anugerah dari Dinas Pendidikan Kota Bandung sebagai Sekolah Literasi kategori Utama.


Apakah Menulis di Blog itu Mudah?

Menulis itu bukan hal yang mudah pada awalnya, namun dengan berlatih dan terus berlatih, dan konsisten serta menjaga komitmen untuk menulis secara rutin, lama kelamaan akan terbiasa menulis dan tulisan kita akan lebih bermakna dan lebih menggigit, demikian yang disampaikan oleh ayah dari Salwa.

Peserta yang tergabung dalam group belajar menulis bersama Om Jay, sangat beruntung karena akan dipaksa untuk menulis dari pengalaman hidup yang dibagikan oleh para nara sumber, pengetahuan yang didapat secara cepat dengan menghadirkan para nara sumber hebat. Pengalaman hidup bisa ditulis di blog sebagai buku harian kita.

Kebiasaan menulis Mr. Bams dikembangkan dan terus diasah setelah ikut gabung bersama Om Jay di group belajar menulis gelombang 8, yang diprakarsai oleh Om Jay. Lama kelamaan, Mr. Bams mempunyai blog pribadi, bisa dibaca pada link: https://bepenamrbams.wordpress.com


Kekuatan MAU

Ayah Salwa mempunyai tiga kata motivasi yaitu MAU. Motivasi, Aksi dan Unggul. Hanya tiga huruf untuk melakukan sesuatu, namun maknanya luar biasa. Motivasi, impian, harapan dan cita-cita menjadi kekuatan. Jika tidak ada aksi hanya akan menjadi sebatas impian saja. Aksi yang dilakukan harus ada Unggulan, tidak hanya aksi yang biasa saja, tetapi harus bisa diterapkan dalam bidang apapun. Rumus MAU dapat diterapkan untuk memotivasi diri agar tetap konsisten dalam menulis. Mau menjadi penulis hebat harus pake MAU, mau menjadi guru hebat juga menerapkan MAU.

Saya jadi erinspirasi untuk memotivasi diri supaya mau menulis yaitu MNT, Motivasi, tidak ada orang lain yang bisa memotivasi selain diri kita sendiri. Nulis, mulai menulis dari hal-hal yang sederhana dan dikuasai, sehingga menulis dengan perasaan bahagia dan tanpa beban, huruf T, Terbitkan Buku, berawal dari buku antologi (keroyokan karya bersama) menjadi buku solo (karya sendiri).


Mulai dari yang Sederhana dan Ada di Kepala

Penulis pemula sering mengalami kesulitan untuk mengawali menulis. Ada keinginan kuat untuk mulai menulis, namun bingung harus mulai dari mana. Kadang sudah ada ide di kepala namun masih sulit untuk menuangkannya ke dalam tulisan. Mr. Bams memberikan solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara mulai menulis dari hal-hal yang sederhana, ide-ide yang ada di kepala kita, dituangkan ke dalam bentuk tulisan apapun hasilnya. Beliau memberikan kalimat motivasi “Tulislah apa yang mudah. Mudahkanlah hati kita agar bisa memulai tulisan di blog”.

Mr. Bams memberikan saran kepada penulis pemula agar belajar menulis dan berlatih menulis secara bertahap. Dimulai dari menulis satu paragraf yang terdiri dari lima kalimat, dilanjutkan dengan membuat dua paragraf dengan pola yang sama, dan menjadi tiga paragraf. Kata kuncinya adalah “Lakukan secara bertahap”.

Berkaitan dengan gaya penulisan, Mr. Bams memberikan masukan supaya menulis apa yang kita sukai. Jadi setiap hari bisa menulis apa saja. Boleh bersambung ataupun tulisan dengan tema baru. Lama kelamaan kita akan menemukan gaya tulisan. Kita sebaiknya membiasakan diri untuk menulis di blog karena bisa membantu untuk tetap menjaga komitmen dan konsisten dalam menulis. Karena blog bisa disetting. “Tulislah apa yang ada dalam kepala baik berupa pengalaman atau apapun.  Latih setiap hari, posting di blog dan share ke berbagai media sosial”.

Rumus Hidup Bahagia

Pada tahun 2007, Mr. Bams membuat tulisan Rumus Hidup Bahagia, ide yang sangat cerdas dan kreatif. Beliau membuat singkatan yang dianalogikan dengan tingkatan (level) pendidikan dari tingkat TK sampai tingkat Master. TK singkatan dari Tanamkan Keimanan, hal mendasar yang harus dikuasai dan dijalani dalam hidup ini. Yang kedua adalah SD singkatan dari Sholat Didahulukan, sholat lima waktu dilakukan secara tertib dan tepat waktu di sela-sela kesibukan, karena sholat merupakan tiang agama (bagi Muslim). Langkah berikutnya adalah SMP, singkatan dari Selalu Menjalankan Perintah-Nya, sebagai manusia wajib mentaati perintah-Nya, supaya hidup lebih tenang dan damai, langkah selanjutnya adalah SMA, singkatan dari Selalu Mengingat Allah dan yang terakhir bergelar MM, singkatan dari Mengingat Mati. Filosofi hidup yang luar biasa maknanya, sesuai dengan perjalanan hidup manusia jika ingin dapat menyeimbangkan antara urusan dunia dan akherat.


Tips Menulis di Blog

Mr. Bams berbagi tips Kebiasaan menulis di blog, antara lain:

1.   Tentukan apa yang mau ditulis di blog.

2.   Mulai dari yang sederhana.

3.   Lakukan terus menerus, sehingga menjadi peka.

4.   Bahan tulisan kita bisa dijadikan buku.

5. Menulislah setiap hari, maka tulisan kita lama-lama akan lebih menggigit dan bermakna.


Blog yang Memikat

Seperti apakah blog yang menarik minat pembaca?

Blog ibarat etalase toko untuk memajang barang yang dijual. Pemilik toko membuat pajangan barang di etalase yang menarik minat pembeli. Demikian juga dengan blog. Kita buat blog yang menarik supaya blog kita banyak dikunjungi dan diberikan komentar yang positif dari teman-teman atau rekan-rekan kita sesama blogger atau pembaca.

Ayah Salwa memberikan tips supaya blog kita menarik. Ada dua hal yang membuat blog kita menarik, yang pertama adalah karena tampilannya. Kita buat blog yang tampilannya menarik (eye chatching) sehingga sejak awal, pembaca akan tertarik dan penasaran untuk membaca isinya. Yang kedua adalah karena tulisannya yang bermanfaat bagi pembaca. Jika tulisan kita menarik yang berisi panduan atau tips yang bermanfaat, maka akan membuat pembaca ingin membaca sampai tuntas.

Pesan dari ayah Salwa “Jadikan blog media latihan untuk menulis. Sharelah setiap tulisan kepada teman dan media sosial lainnya”. Akan tetapi Mr. Bams juga menyampaikan kepada peserta diklat belajar menulis bersama Om Jay gelombang 15, untuk selalu menulis di blog tanpa  terbebani oleh tampilan dan gaya tulisan. Yang penting mulai menulis dan menulis dengan konsisten.


Demikianlah resume yang saya buat kali ini, semoga bermanfaat. Masukan dan saran dari rekan-rekan sangat saya harapkan demi perbaikan tulisan ini. Terima kasih. Salam Literasi.

 






11 komentar:

  1. Bagus bu. Menarik dan informatif

    BalasHapus
  2. Rapih banget Bu, Tulisannya...
    Ada sub judulnya juga, jadi bacanya enak...

    next resume saya bkin sub judul juga ahh..

    nuhun BU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak. Monggo Pak silahkan. Kita saling belajar dan berbagi.

      Hapus
  3. Keren Bun artikel nya 👍👍

    BalasHapus
  4. Jika M.M adalah mengingat mati, kira-kira sebagai filosofi hidup bahagia, M.Hum. sigkatan dari apa?

    BalasHapus
  5. Mantap bu, jadi terinspirasi juga dari artikel yang ibu. Semangat

    BalasHapus

Menulis Buku Bersama Bu Iin

  Narasumber                : Dra. Musiin, M.Pd. Moderator                   : Bu Kanjeng Penulis Resume          : Arnita Budi Siswanti “...