Kamis, 23 April 2020

VCT Batch 6 DIY tahun 2020


VCT (Virtual Coordinator Training) Batch 6 DIY, merupakan diklat on line yang diselenggarakan oleh KKVI (Komunitas Koordinator Virtual Indonesia) dan didukung sepenuhnya oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Daerah Istimewa Yogyakarta dan Balai Tekkomdik DIY. Adapun pesertanya adalah bapak ibu guru di seluruh wilayah DIY dari berbagai bidang studi dan mengajar pada tingkat pendidikan dasar (SD) dan menengah (SMP, SMA dan SMK) yang berminat mengikuti diklat ini. Peserta dibatasi 300 orang, namun ternyata peminatnya luar biasa, ketika belum sampai batas akhir penutupan pendaftaran, kuota sudah terpenuhi, sehingga banyak peserta yang belum sempat mendaftar. Ini menunjukkan bahwa peminat diklat on line semakin banyak.
Kegiatan VCT Batch 6 ini berlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 21 Maret 2020 sampai dengan tanggal 25 April 2020. Pada kegiatan VCT ini, para peserta dikelompokkan dan didampingi oleh beberapa instruktur, jika mengalami kesulitan dapat konsultasi dengan instruktur masing-masing. Adapun materi dan penugasan untuk peserta antara lain: HMP (Host, Moderator dan Presenter) masing-masing satu kali, sebagai peserta sejumlah empat kali, membuat soal pilihan ganda menggunakan google form, membuat video pembelajaran, menbuat blog dan membuat JBB Class. Semua tugas dan diunduh dari google classroom dan jika tugas sudah selesai dimasukkan ke kantong tugas yang sudah disediakan di google classroom.
Dengan terjadinya wabah corona akhir-akhir ini, membuat peserta dan instruktur tidak dapat bertemu secara langsung. Dengan kondisi seperti ini membuat peserta harus lebih mandiri, mencoba cara agar dapat mengerjakan tugas dengan baik. Secara tidak langsung menerapkan istilah trial and error, mencoba, salah, mencoba lagi sampai berhasil. Hal positif yang diperoleh adalah peserta lebih berpengalaman dalam bidang IT. Paling tidak itu yang saya rasakan sebagai peserta. Keuntungan lain menjadi peserta VCT adalah dengan bertambahnya teman yang menjadi saudara karena merasa senasib ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, saling membantu satu sama lain, tidak ada rasa persaingan supaya lebih unggul, karena dalam satu tim harus kompak. Dengan mengikuti kegiatan VCT, banyak ilmu yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung.

x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Buku Bersama Bu Iin

  Narasumber                : Dra. Musiin, M.Pd. Moderator                   : Bu Kanjeng Penulis Resume          : Arnita Budi Siswanti “...