Jumat, 24 April 2020

Tugas Sebagai Moderator VCT Batch 6 DIY



Penulis mendapat kesempatan untuk menjadi moderator, dengan tema “Merancang Pembelajaran Asyik dengan Kanvas Strategi Merdeka Belajar”, bersama Nurhayanti, S.Pd., M.Sc., sebagai presenter dan Siska Narulita, S.S., sebagai host yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 20 April 2020 pada pukul 15.00-16.00 WIB. Sebagai moderator, penulis membuat narasi yang sesuai dengan tema yang digabungkan dengan flyer untuk dibagikan ke group besar VCT Batch 6 DIY, supaya peserta mengetahui informasi tentang vicon.
Moderator juga membuat presensi dengan menggunakan google form yang sudah diperpendek linknya, membagikan link presensi on line ketika vicon sedang berlangsung, sambil mengingatkan peserta untuk mengisi link presensi dan merekapnya dalam bentuk pdf.
Ketika vicon sedang  berlangsung, moderator memandu jalannya presentasi, sebagai nara hubung antara presenter dan peserta vicon, Agar acara vicon berjalan lancar, moderator dapat menyampaikan aturan-aturan yang disepakati dan mempersilakan presenter untuk memaparkan materinya. Setelah selesai pemaparan materi, moderator memandu acara tanya jawab hingga selesai, kemudian mempersilakan presenter menyimpulkan materi secara singkat. Hasil selengkapnya, tugas sebagai moderator, dapat dilihat pada link berikut: https://bit.ly/presensi-kanvas-Nurhayanti (presensi) dan https://bit.ly/narasi-kanvas-Nurhayanti (narasi dengan tema “Merancang Pembelajaran Asyik dengan Kanvas Strategi Merdeka Belajar”).
Materi dengan tema “Merancang Pembelajaran Asyik dengan Kanvas Strategi Merdeka Belajar”, menjelaskan bahwa, kita sebagai guru akan merasa puas dan bahagia jika dapat menghadirkan suasana belajar asyik, siswa antusias, tertarik, termotivasi dan terbangun berbagai karakter dan kompetensinya, serta memiliki pemahaman konsep yang baik. Untuk mewujudkannya, hal mendasar yang diperlukan adalah merancang pembelajaran. Salah satunya dengan Kanvas Strategi Merdeka Belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Buku Bersama Bu Iin

  Narasumber                : Dra. Musiin, M.Pd. Moderator                   : Bu Kanjeng Penulis Resume          : Arnita Budi Siswanti “...